DEFINISI AUTISME
Autisme adalah gangguan perkembangan yang kompleks yang gejala-gejalanya meliputi perbedaan dan ketidakmampuan dalam berbagai bidang seperti kemampuan komunikasi sosial, kemampuan motorik kasar dan motorik halus, dan kadang kemampuan intelektual.
Tanda-tanda ini semuanya dimulai sebelum anak berusia tiga tahun. Autisme mempengaruhi pengolahan informasi di otak dengan mengubah cara sel saraf dan sinapsis mereka menghubungkan dan mengatur; bagaimana hal ini terjadi tidak dipahami dengan baik.
Kriteria Autisme berdasarkan DSM-IV:
A. Harus ada sedikitnya 6 gejala dari (1), (2), dan (3), dengan minimal dua gejala dari (1) dan masing-masing satu gejala dari (2) dan (3).
A. Harus ada sedikitnya 6 gejala dari (1), (2), dan (3), dengan minimal dua gejala dari (1) dan masing-masing satu gejala dari (2) dan (3).
(1) Gangguan kualitatif dalam interaksi sosial yang timbal balik. Minimal harus ada 2 gejala dari gejala di bawah:
a. Tidak mampu menjalin interaksi sosial yang cukup memadai: kontak mata sangat kurang, ekspresi muka kurang hidup, gerak-gerik yang kurang terarah,
b. Tidak bisa bermain dengan teman sebaya,
c. Tidak dapat merasakan apa yang dirasakan orang lain,
d. Kurangnya hubungan emosional dan sosial yang timbal balik.
b. Tidak bisa bermain dengan teman sebaya,
c. Tidak dapat merasakan apa yang dirasakan orang lain,
d. Kurangnya hubungan emosional dan sosial yang timbal balik.
(2) Gangguan kualitatif dalam bidang komunikasi seperti ditunjukkan oleh minimal satu dari gejala-gejala berikut:
a. Bicara terlambat atau bahkan sama sekali tak berkembang (tak ada usaha untuk mengimbangi komunikasi dengan cara lain tanpa bicara),
b. Bila bisa bicara, bicaranya tidak dipakai untuk komunikasi,
c. Sering menggunakan bahasa yang aneh dan diulang-ulang,
d. Cara bermain kurang variatif, kurang imajinatif, dan kurang bisa meniru.
b. Bila bisa bicara, bicaranya tidak dipakai untuk komunikasi,
c. Sering menggunakan bahasa yang aneh dan diulang-ulang,
d. Cara bermain kurang variatif, kurang imajinatif, dan kurang bisa meniru.
(3) Suatu pola yang dipertahankan dan diulang-ulang dalam perilaku, minat, dan kegiatan. Sedikitnya harus ada satu dari gejala berikut ini:
a. Mempertahankan satu minat atau lebih, dengan cara yang khas dan berlebih-lebihan.
b. Terpaku pada suatu kegiatan yang ritualistik atau rutinitas yang tidak ada gunanya.
c. Ada gerakan-garakan yang aneh, khas, dan diulang-ulang.
d. Seringkali terpukau pada bagian-bagian benda tertentu.
b. Terpaku pada suatu kegiatan yang ritualistik atau rutinitas yang tidak ada gunanya.
c. Ada gerakan-garakan yang aneh, khas, dan diulang-ulang.
d. Seringkali terpukau pada bagian-bagian benda tertentu.
B. Sebelum umur 3 tahun tampak adanya keterlambatan atau gangguan dalam bidang :
(1) interaksi sosial;
(2) bicara dan berbahasa;
(3) cara bermain yang kurang variatif.
(1) interaksi sosial;
(2) bicara dan berbahasa;
(3) cara bermain yang kurang variatif.
C. Bukan disebabkan oleh Sindroma Rett atau Gangguan Disintegratif Masa Kanak.
Karakteristik Perilaku Bermain pada Penyandang Autisme
• Perilaku yang khas
• Menjaga jarak dengan orang lain
• Lebih sering sendiri atau paralel
• Bermain lebih sedikit dibanding non autistik
• Lebih sedikit menggunakan alat bermain dan kemampuan bermain sangat terbatas
• Kesulitan dalam bermain pura-pura dan menirukan sesuatu yang dilakukan orang lain.
• Perilaku yang khas
• Menjaga jarak dengan orang lain
• Lebih sering sendiri atau paralel
• Bermain lebih sedikit dibanding non autistik
• Lebih sedikit menggunakan alat bermain dan kemampuan bermain sangat terbatas
• Kesulitan dalam bermain pura-pura dan menirukan sesuatu yang dilakukan orang lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar